Tugas pengantar bisnis minggu ke-6
Pertanyaan :
1. Sebutkan
perbedaan masing-masing jenis pasar dan masing-masing beri 3 contoh ?
2. Buatlah
skema bauran pemasaran ?
3. Sebutkan
dan jelaskan tujuan sistem pemasaran ?
Jawaban :
1. Jenis-jeni
pasar, antara lain sebagai berikut :
a) Pasar
Barang
Pasar barang adalah
pasar yang menjual produk dalam bentuk barang. Pasar barang dapat dibagi lagi
menjadi dua macam, yakni :
·
Pasar Barang Nyata /
Riil
Pasar
barang nyata adalah pasar yang menjual produk dalam bentuk barang yang bentuk
dan fisiknya jelas. Contohnya adalah pasar kebayoran lama, pasar senen, pasar
malam, pasar kaget, dan lain-lain.
·
Pasar Barang Abstrak
Pasar
barang abstrak adalah pasar yang menjual produk yang tidak terlihat atau tidak
riil secara fisik. Contoh jenis pasar ini adalah pasar komoditas / komoditi
yang menjual barang semu seperti pasar karet, pasar tembakau, pasar timah, pasar
kopi dan lain sebagainya.
b) Pasar
Jasa / Tenaga
Pasar jasa adalah pasar
yang menjual produknya dalam bentuk penawaran jasa atas suatu kemampuan. Jasa
tidak dapat dipegang dan dilihat secara fisik karena waktu pada saat dihasilkan
bersamaan dengan waktu mengkonsumsinya. Contoh pasar jasa seperti pasar tenaga
kerja, Rumah Sakit yang menjual jasa kesehatan, Pangkalan Ojek yang menawarkatn
jasa transportasi sepeda motor, dan lain sebagainya.
c) Pasar
Uang dan Pasar Modal
·
Pasar Uang
Pasar
Uang adalah pasar yang memperjual belikan mata uang negara-negara yang berlaku
di dunia. Pasar ini disebut juga sebagai pasar valuta asing / valas / Foreign Exchange
/ Forex. Resiko yang ada pada pasar ini relatif besar dibandingkan dengan jenis
investasi lainnya, namun demikian keuntungan yang mungkin diperoleh juga
relatif besar. Contoh adalah transaksi forex di BEJ, BES, agen forex, di
internet, dan lain-lain.
·
Pasar Modal
Pasar
Modal adalah pasar yang memperdagangkan surat-surat berharga sebagai bukti
kepemilikan suatu perusahaan bisnis atau kepemilikan modal untuk diinvestasikan
sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat. Contohnya seperti saham,
reksadana, obligasi perusahaan swasta dan pemerintah, dan lain sebagainya. 2.
3. Tujuan sistem pemasaran,
yaitu :
·
Memaksimumkan konsumsi
Pekerjaan
pemasaran adalah memudahkan dan merangsang konsumsi maksimum, akhirnya
menciptkan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran maksimum
·
Memaksimumkan Kepuasan
Konsumen
Tujuan
sism pemasan lain adalah memaksimumkan kepuasan konsumen,bukan konsumsi. Tetapi
mengukur kepuasan konsumen tidak mudah, belum adanya tolak ukur kepuasan dari
produk atau jasa yang baik diimbangi oleh kejelekkan dari pencemaran
lingkungan, kepuasan yang diterima seseorang tergantung dari sedikitnya orang
lain memiliki barang tersebut.
·
Memaksimumkan Mutu
Hidup
Termasuk
didalamnya kualitas,kuantitas,ketersediaan, dan harga pokok barang, mutu lingkungan
fisik, dan mutu lingkungan kultur
0 komentar:
Posting Komentar