Pages

Rabu, 28 November 2012

Tugas Pengantar Bisnis Minggu ke 7

                                                      Tugas pengantar bisnis minggu ke-7

Pertanyaan :
  1. Buatlah dengan suatu contoh kasus tentang proses produksi(input-proses-output), sebutkan jenis barangnya untuk pakaian, minuman, makanan, sepatu!
  2.  Jelaskan perbedaan manajemen produksi dan produksi, ceritakan dengan suatu ilustrasi!
  3. Sebutkan  pengambilan keputusan dalam  manajemen  produksi!

Jawaban :

1.      Tabel proses produksi




2.      Perbedaan Antara Manajemen Produksi Dan Produksi

·         Manajemen Produksi

Manajemen produksi adalah salah satu cabang manajemen yang kegiatannya mengatur agar dapat menciptakan dan menambah kegunaan suatu barang dan jasa. Untuk mengatur kegiatan ini, perlu dibuat keputusan-keputusan yang berhubungna dengan usaha-usaha untuk mencapai tujuan agar barang dan jasa yang dihasilkan sesuai dengan apa yang direncanakan. Dengan demikian, manajemen produksi menyangkut pengambilan keputusan yang berhubungan dengan proses produksi untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.

Tugas dari manajemen produksi ada dua yakni

1. Merancang system produksi

2. Mengoperasikan suatu system produksi untuk memenuhi persyaratan produksi yang ditentukan.

Ruang lingkup manajemen produksi

1. Perencanaan system produksi

2. Perencanaan operasi dan system pengendalian produksi

Ilustrasi dalam manajemen produksi:

Dalam aktivitas produksinya, produsen(perusahaan) mengubah berbagai faktor produksi menjadi barang dan jasa. Dalam proses produksi, perusahaan membutuh pegawai dalam mengelola.dalam proses manajemen produksinya perusahaan menimbang pula antara input dan output  guna memproleh profit yang diinginkan.

·         Produksi

Pada masa lalu, pengertian produksi hanya dikaitkan dengan unit usaha fabrikasi yaitu yang menghasilkan barang-barang nyata seperti mobil, semen, dan sebagainya. Namun pengertian produksi pada saat ini menjadi semakin luas, produksi sering diartikan sebagai aktivitas yang ditunjukkan untuk meningkatkan nilai masukan (input), menjadi keluaran (output). Dengan demikian maka kegiatan usaha jasa seperti dijumpai pada perusahaan. angkotan, asuransi, bank, pos, telekomunikasi, dan sebagainya. Menjalankan pula kegiatan produksi.

Ilustrasi dalam produsi:

Sebuah perusahaan dalam proses produksi haruslah pintar - pintar memilih bahan baku yang akan di gunakan sebagai bahan output. seperti contoh sebuah perusahaan tekstil haruslah pintar dalam pemilihan bahan kain, dan asesorisnya yang akan digunakan dalam memproduksi pakaian. sehingga barang yang masih mentah tersebut dapat diproses secara baik dan menghasilkan pengeluaran yang baik pula.

3.      Ada 4 macam pengambilan keputusan,yaitu:

a)      Pengambilan keputusan atas peristiwa yang pasti

b)      Pengambilan keputusan atas peristiwa yang mengandung risiko

c)      Pengambilan keputusan atas peristiwa yang tidak pasti

d)     Pengambilan keputusan  atas peristiwa yang timbul karna pertentangan dengan keadaan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar