Pages

Minggu, 19 Juni 2016

Esay "Motivasi Kerja Mahasiswa Jurusan Akuntansi Setelah Mempelajari Bidang-Bidang Akuntansi"

Motivasi Kerja Mahasiswa Jurusan Akuntansi Setelah Mempelajari Bidang-Bidang Akuntansi

Akuntansi merupakan salah satu jurusan di  Fakultas  Ekonomi  yang  banyak  diminati oleh mahasiswa saat ini. Dari hasil penelitian Basuki,  1999  (dalam  Ariani,  2004) menyebutkan  bahwa  rata-rata  mahasiswa memilih  jurusan  akuntansi,  didorong  oleh keinginan mereka untuk menjadi profesional di  bidang akuntansi, selain itu  mereka  juga termotivasi oleh anggapan bahwa akuntan dimasa  mendatang  akan  sangat  dibutuhkan oleh  banyak  organisasi  dan  perusahaan, khususnya  di  Indonesia.  Menurut  Sundem (1993) dalam  Machfoed  (1998:110) pendidikan  akuntansi  harus  menghasilkan akuntan  yang  profesional  dan  siap menghadapi persaingan global.
setelah menjalani perkuliahan seseorang lulusan jurusan akuntansi diharapkan memiliki kemampuan keterampilan intelektual, keterampilan teknik dan fungsional, keterampilan personal, keterampilan interpersonal dan komunikasi dan keterampilan keorganisasian dan manajemen bisnis. Seseorang lulusan jurursan akuntansi harus bersikap berdasarkan nilai dan perilaku yang mengarah kepada komitmen untuk kepentingan publik dan sensitifitas terhadap tanggung jawab sosial, pengembangan diri dan belajar terus menerus, dapat diandalkan, bertanggung jawab, tepat waktu dan saling menghargai, hukum dan peraturan yang berlaku.
Sebagian besar lulusan dari jurusan akuntansi mengejar karir sebagai seorang Akuntan. Akan tetaoi, dikarenakan jurusan ini mencakup bidang studi yang luas seperti  struktur bisnis, hukum dan ilmu ekonomi, maka tidak jarang para lulusan dari jurusan akuntansi juga diterima bekerja dibidang manajemen lainnya. Dikarenakan para mahasiswa  jurusan akuntansi dituntut untuk menguasai cara mengolah data-data keuangan semasa kuliah, maka banyak juga para lulusan yang diterima bekerja dibidang perbankan. Misalnya bekerja sebagai penasihat keuangan dibank. Alternatif lainnya adalah bekerja sebegai penganalisa resiko dalam perusahaan-perusahaan asuransi. Masih ada banyak lagi pilihan-pilihan bagi para lulusan jurusan akuntansi. Misalnya bekerja pada organisasi non profit. Para lulusan bisa menulis proposal untuk meminta pendanaan ataupun membuat permohonan hibah. Seandainya para lulusan memilih untuk mengejar karir diluar bidang akuntansi, mereka juga bisa menemukan pekerjaan yang sesuai dibidang Penjualan, Marketing, Periklanan, Hukum dan bahkan dibidang Jurnalisme.

Sumber :

Tulisan Ini Adalah Salah Satu Bentuk Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Akuntansi Internasional

Nama        : Saraswati Diana
Dosen       : Jessica Barus, S.E., Mmsi.

UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS EKONOMI





0 komentar:

Posting Komentar